Membuat SKCK di Polres Metro Jakarta Selatan

Haloooo teman-teman semua, setelah lama vakum posting dan hanya membalas komentar-komentar di postingan sebelumnya sepertinya sekarang saat yang tepat untuk membuat postingan baru hehehe.

Sudah masuk bulan Oktober nih, bagi pelamar pekerjaan masih sudah menanti-nantikan bulan ini karena kabarnya perekrutan CPNS akan dibuka, iya kan? Iyaa ajaa soalnya aku juga menunggu-nunggu hihi

Nah, salah satu syarat yang wajib dipunyai bagi calon pelamar adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang sering kita sebut dengan SKCK.

Pasti banyak deh teman-teman yang SKCK nya kadaluarsa, karena masa berlakunya kan hanya 6 bulan yaa dari SKCK diterbitkan. 
Kebetulan aku juga baru perpanjang SKCK, dan berpindah alamat dari Kota Bekasi ke Jakarta Selatan.

Nahloh kalau begitu gimana tuh yaa urus SKCK nya?
Perpanjang atau bikin baru?

Nah jadi teman-teman, karena aku pindah KTP, KK, otomatis alamat rumah juga pindah yaa
Jadi waktu itu aku cari info dulu untuk pengurusan SKCK.
Bisa hubungi 110 itu call center mereka.

Nah buat teman-teman yang mau ke polres baiknya dipersiapkan dulu persyaratannya. Yaitu:
Fotokopy KK (kartu keluarga)
Fotokopu ijazah / akte kelahiran
Fotokopy KTP (wajib memperlihatkan KTP asli)
Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 6 buah bagi pelamar baru dan 3 buah untuk perpanjang SKCK.

Yang tidak kalah penting nih teman-teman wajib mendownload aplikasi di playstore nama aplikasinya "SMART JAKSEL"
ini aplikasi khusus buat teman-teman yang akan membuat di polres jaksel yaa, kalau di tempat lain akan berbeda juga nama aplikasinya.

Aplikasi ini digunakan untuk meminimalisir penggunaan kertas yaa teman-teman.
Jadi saran aku sebelum datang ke polres buat akun dan isi data diri dulu di aplikasi tersebut, supaya waktu teman-teman disana lebih singkat.

Mudah banget kok, jadi begitu teman-teman download, teman-teman bikin akun aja disana setelah itu lihat pilihan SKCK nanti tinggal pilih baru atau perpanjang yaa.
Nah nanti teman-teman akan dapat kode verifikasi dari aplikasi tsb yang akan digunakan saat membuay skck di polres.

Nah begitu sampai polres aku langsung menuju gedung pelayanan SKCK, dan kebetulan aku tiba disana pukul 07.46 pelayanan dimulai pukul 08.00 hehe
Tapi mereka tepat waktu sekali loh jam 08.00 langsung mulai.
Nanti ada petugas yang memberi arahan harus kemana-kemana yaa jangan sedih 😊😊😊

Biasa kalau sudah dimulai kita antri aja duduk di kursi depan, sayang sekali disini blm ada nomor antrian jadi kalian ga boleh bengong yaa biar cepat selesai, dari memberikan berkas bagi teman-teman yg sudah punya kode verifikasi dari aplikasi smart jaksel boleh langsung taro berkas dimeja sebelahnya biar langsung diketik sama ibunya. Oh iyaa saat pemberian berkas teman-teman sudah langsung membayar sebesar Rp. 30.000.- (sediakan uang pas yaa)

Nah kalo pelamar baru dan blm daftar di smart jaksel, yaa harus isi dulu di aplikasi dan masuk ke ruang perekaman sidik jari. (Aku ga begitu ngeh karena aku hanya perpanjang).

Nah setelah itu nanti nama kita dipanggil untuk hasil yang sudah jadi dan bagi teman-teman hang ingin legalisir hanya boleh sebanyak 3 lembar jadi kalian fotokopy sebanyak 3 lembar aja hehe.

Kalo masih pagi fotokopi yang di dalam masih tutup, kemarin aku fotokopi di belakang dekat parkiran bapak2 polisi itu teriak-teriak di lubang yang ada ditembok naik kursi karena males harus keluar lagi 🤣

Kalau sudah langsung kasih ke petugas yang tadi lagi deh, nunggu sebentar taraaaaa legalisir aku sudah jadi.
FYI pelayanan SKCK ini cepat sekali ga sampai 1 jam aku sudah selesai legalisir tinggal pulang 😁😁

Buat teman-teman sebisa mungkin datang pagi-pagi yaa soalnya setelah aku pulang ruangannya makin ramai hihi
Dan jangan lupa daftar dulu di smart jakael yaaa.........
Aku perpanjang SKCK ini hari ini yaa pertanggal 22 Oktober 2019.

Kalau ada pertanyaan dan mau menambahkan informasi boleh komen di bawah yaa.
Terimakasih semua
Goodluck!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Interview, Psikotest, Skill Test di ERHA Dermatology

membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) di RSUD Kota Bekasi

Layanan ODS (One Day Service) TOEFL / EPT di LIA Pengadegan